4 Cara Menabung untuk Pergi Liburan

Tahun baru sudah di depan mata. Mayoritas masyarakat akan pergi keluar kota atau bahkan keluar negeri untuk liburan akhir tahun. It’s the most wonderful time of the year, they said. Beruntunglah Anda, jika Anda adalah salah satu nya yang akan pergi berlibur dengan keluarga maupun teman-teman Anda.

Lalu, apakah Anda salah satu yang belum bisa pergi kemana-mana di tahun baru ini karena belum ada alokasi dananya ? Jangan bersedih dulu, kalau mau pergi liburan tidak hanya acara liburannya saja yang perlu di rencanakan lho, dana untuk pergi liburan juga perlu di rencanakan.

Khusus untuk blog post tema liburan atau travelling ini, Proyek Beta mengajak seorang travel blogger yang sangat menginspiratif dalam hal travellingnya, keeping it on budget but with style. Sehari-harinya, Adrian adalah seorang pegawai perusahaan multinational company di Jakarta. Berikut hasil ngobrol singkat Proyek Beta dengan Adrian Prasetyo.

 

Biasanya tahap menabung untuk pergi travelling memakan waktu berapa lama ?
Kalau destinasi lokal biasanya masih dalam hitungan bulan, sebulanan saving bisa.. kalau luar negeri biasanya nabung dari bonus yg didapet dr kantor. Kayak bonus tahunan, THR gitu deh.

Apa ada yang bisa dilakukan untuk lebih cepat tercapainya?
Kalau gue sih yakinin dulu klo emang mau traveling ke daerah yang dituju. Print segala bentuk destinasi gambaran suasana disana, liat terus fotonya, let the law of attraction do it well.

Cara menabung yang paling ampuh sejauh ini gimana sih?
Tidak shopping baju sepatu tas atau hal lainnya berupa barang. Atau bisa juga transfer uang yang kamu punya ke orang terdekat buat modal traveling. Atau mungkin cari partner yang galak mendorong kamu untuk nabung mencapai destinasi impian.

Gimana sih cara dapat tiket murah atau best deal ?
Subscribe smua airlines yang ada dan fokus pada tujuan. Jadi pas ada promo langsung tau mau kemananya. Oya, perginya juga kalau bisa jangan pas high season, selain mahal tiketnya, disananya juga pasti jadi mahal segalanya. Ambil waktu sebelum high season, atau sesudah high season.

Semua impian travelling dari mulai ke Paris hingga Santorini bisa di raih oleh Adrian dengan perencanaan dan menabung yang terarah.

Yuk simak 4 cara yang dapat mulai Anda terapkan untuk masa liburan selanjutnya di tahun 2018 🙂

1. Tentukan Target

Di tahap ini, Anda dapat bermimpi setinggi-tingginya. Karena tingkat keinginan Anda ini yang akan menjadi dorongan paling kuat untuk Anda mencapai target yang Anda inginkan. Tentukan tempat tujuan liburan Anda dan kapan Anda berniat untuk pergi. Kemudian mulai lah membuat budgetting, berapa biaya yang di perlukan untuk pergi liburan kesana.

Download disini template spreadsheet budgetting travelling.Dalam tahap ini goal Anda adalah menentukan besaran nilai dana yang di perlukan dan kapan dananya di perlukan. 

2. Tentukan sumber dana tabungan 

Menentukan darimana asal dana yang akan Anda tabung tersebut. Yang mana yang paling memungkinkan untuk Anda, tanpa membebani keseharian ya tentunya.

  • Gaji bulanan yang di sisihkan
  • Keuntungan usaha yang di sisihkan
  • THR atau Bonus
  • Simpanan yang sudah lama ada
  • Pekerjaan tambahan paruh waktu

Proyek Beta akan berikan contoh simulasinya. Contohnya Anda menabung selama 1 tahun Rp 500.000 tujuan pergi liburan ke Vietnam untuk dua orang. It’s all about discipline and planning, semua pasti bisa 🙂

 

3. Menabung dalam bentuk Investasi yang Maksimal

Tahapan ini adalah yang paling penting. Menentukan menabung dimana dan komitmen nabungnya.

Liburan adalah target jangka pendek, namun lagi-lagi tergantung dari destinasi yang di inginkan, kalau dalam negeri bisa hanya dalam hitungan bulan, kalau luar negeri mungkin akan masuk di hitungan tahun.

Yuk simak rekomendasi Proyek Beta untuk Investasi jangka pendek berikut

Investasi Jangka Pendek rekomendasi Proyek Beta

Reksa Dana Pasar Uang : imbal hasil 7% sampai 9% per tahun.

Recommended untuk Anda yang ingin menabung bertahap dengan jumlah dana yang fluktuatif. Tanpa ikatan khusus dari institusi finansial tersebut, Anda bisa menabungkan uang dalam bentuk Reksa Dana secara rutin bertahap. Kadang dalam jumlah banyak, kadang hanya sesuai batas minimum pembelian Reksa Dana Pasar Uang tersebut (mulai Rp 500.000). Untuk investasi ini Anda bisa memulai untuk jangka 1 tahun, 3 tahun, ataupun lebih sesuai dengan rencana dan kemampuan Anda.

Tabungan berjangka : imbal hasil 5% per tahun.

Recommended untuk Anda yang harus di “paksa” disiplin dengan komitmen di awal oleh Bank terkait dengan jumlah pasti tertentu dalam setiap bulannya dan untuk jangka waktu yang di tentukan di awal. Biasanya Tabungan Berjangka ini berdurasi antara 6 bulan hingga 6 tahun. Bagusnya memang di ikat komitmentnya untuk menabung otomatis dengan autodebet dari rekening tabungan reguler Anda.

Deposito Digital Banking : imbal hasil sampai 5.7% per tahun.

Untuk Anda yang sudah memiliki uang dalam jumlah relatif besar, namun Anda ingin mengembangkan secara maksimal hingga saatnya nanti mau pergi liburan. Bisa memasukkannya dalam bentuk deposito Digital Banking untuk kurun waktu 3 bulan hingga 6 bulan. Saat ini banyak Bank sedang “perang” rate deposito melalui platform digital banking mereka. Bisa di cek Jenius dari bank BTPN dan Digibank dari Bank DBS.

 

4. Jadi Smart Buyer 

Kita harus pintar pintar dalam melakukan pembelian. Ada kalanya masa promosi yang bisa memberikan potongan harga luar biasa, atau pemilihan tanggal kepergian yang bukan high season. Intinya jadi Smart Buyer dalam perencaan pembelian terkait liburan ataupun dalam hal menyisihkan uang yang akan kita tabung.

  • Keep alert dengan mengikuti newsletter dari Airlines
  • Promo kartu kredit tak jarang memberikan program potongan harga atau cicilan yang menggiurkan, kita bisa mulai apply untuk pembuatan kartu kredit yang sering promo tersebut.
  • Hemat pengeluaran keseharian dengan promo fintech yang sering melakukan promo untuk kebutuhan sehari-hari seperti diskon dari GoPay, OVO hingga IPOTPay.
Menarik dan sangat bisa di terapkan kan.  Kalau mau tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan konsultan dari Proyek Beta untuk perencanaan tabungan dan investasi sesuai dengan kondisi Anda.
Selanjutnya, nantikan blog post dari Proyek Beta selanjutnya terkait investasi dan tabungan, tentunya dengan nara sumber yang inspiratif. Have a blast year end holiday !


× Let's chat