Bagaimana kalau pelanggan menawar harga anda ?

Apa aja sih yang perlu di perhatikan dan pertimbangkan jika pelanggan anda menawar harga yang anda tawarkan ?

1. Hindari Jual Rugi atau di bayar terlalu rendah

Pertama – tama harus tahu banget berapa COGS ( Cost of Goods Sold) atau HPP (Harga Pokok Penjualan) ,  usaha anda di bidang jasa maupun perdagangan semua harus tahu dulu biaya produksi atau alokasi tenaga kerja yang di perlukan berapa.  Nah di sinilah pentingnya untuk anda membuat Project Costing sebelum melakukan penawaran , terlebih lagi sebelum bikin deal.

 

2. Jaga kecukupan uang tunai di Kas Anda

Ketahui arus kas anda, berapa banyak invoice client yang belum di bayar, kapan uangnya masuk. Berapa banyak pengeluaran untuk proyek ini perlu di bayar tunai di depan.  Apakah uang di bank atau kas cukup untuk pengeluaran rutin perusahaan seperti gaji dan tagihan listrik ? Kapan tagihan sewa kantor jatuh tempo? Jangan sampai bersamaan dengan harus pelunasan COGS proyek ini.

 

3. Tahu target penjualan Anda untuk mencapai laba

Kalau mau jual penglaris, harus benar benar tahu, apakah ini saatnya jualan penglaris?

 

Untuk memiliki pandangan yang jelas ini, semua pemilik bisnis harus memiliki laporan keuangan yang valid dibuat oleh akuntan profesional dan ditinjau secara teratur oleh pemiliknya sendiri.  Disinilah tugas Proyek Beta sebagai Finance Business Partner anda untuk dapat memberikan Laporan Keuangan yang valid untuk membantu Anda mengembangkan usaha Anda.

× Let's chat