Cara agar bisnis bekerja untuk kamu

Bisnis itu harus di tungguin 24 jam. Bisnis itu kalau ngga ada kita, ngga jalan. Bisnis itu harus dijalanin sama orang yang ahli baru bisa sukses.

Sering ngga kamu dengar pernyataan – pernyataan seperti di atas?

Bisnis itu ngga harus bikin kita ngga ada kehidupan lain kok. Yang penting adalah suatu pengaturan yang baik dan sistem automasi yang mendukung kinerja bisnis kamu untuk di terapkan dengan sebaiknya. Pernah baca buku dari Timothy Ferris yang berjudul 4 Hour Work week ? Kalau belum, baca deh, bagus banget.

Intinya, selalu ada cara untuk membuat sesuatu lebih efektif dan efisien. Dari mulai memilih rekan kerja yang tepat hingga menggunakan aplikasi-aplikasi digital yang canggih untuk membantu keseharian kita.

Gimana sih caranya bikin bisnis bekerja untuk kita ? 

1.  Digitalisasi

Go online ! Kalau usaha kamu di masukkan ke internet, kebayang ngga sih cakupan pasar bisnis kamu menjadi tidak terbatas ? Toko kamu bisa di Gorontalo, tapi orang yang lagi di negara Spanyol pun bisa membuka toko digital ada melalui internet. Dan begitupun sebaliknya.

Jangan batasi potensi usaha kamu, saatnya digitalisasi usaha kamu. Dengan begitu ngga perlu setiap hari kamu “teriak” depan toko jualan, tuangkan produk kamu di online, sehingga saat kamu tidur pun, toko kamu bisa di “tengok” oleh pembeli potensial yang sedang mencari.

2. Teknologisasi

Masih menghitung dengan kalkulator manual? Masih mencatat laporan keuangan dengan buku tulis? Kalau bukunya hilang atau ketumpahan air gimana? Hehehe stress-nya kayak apa tuh.

Pemanfaatan teknologi dapat membantu kamu. Baik itu teknologi berupa software maupun menggunakan aplikasi berbasis teknologi awan (cloud).

Kamu bisa mulai cek aplikasi seperti microsoft excel  , dropbox hingga aplikasi kasir online berbayar mokapos. Selanjutnya tergantung kamu saja, perhitungan investasinya sejauh apa yang sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan kamu.

3. Delegasi pekerjaan pendukung

Kamu bisa jadi superman atau superwoman. Tapi waktu kamu sehari hanya 24 jam. Alangkah lebih indah kalau waktu kamu itu di bagi juga untuk bersama orang-orang yang kamu sayangi, nggak melulu untuk nongkrong di kantor.

Pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya supporting atau pendukung, yang tidak harus dikerjakan oleh kamu, bisa kamu delegasikan kepada pihak lain. Delegasi ini bisa kepada orang ataupun kepada aplikasi berbasis teknologi.

 



Leave a Reply

× Let's chat