Dari hobi jadi bisnis

Saya percaya setiap orang punya talenta uniknya masing-masing. Baik dari talenta formal maupun non formal.

Mungkin kamu jago bikin thai ice coffee, atau kamu ahli berbicara di depan banyak orang sehingga kamu sering jadi moderator kalau lagi presentasi atau rapat di kantor, bahkan bisa jadi kamu seorang ibu dengan tiga orang anak yang sukses menjaga badan kamu dengan olahraga praktis dirumah.
Sesuatu yang terjadi secara natural dari diri kamu sendiri, itulah talenta kamu. Sering kali kamu tidak menyadari bahwa itu suatu talenta. Saking setiap harinya kamu menjalani itu dengan suka relanya tanpa beban. Jadi seperti hobi kamu aja.

Sadar nggak, kalau nggak semua orang bisa melakukan yang kamu lakukan dengan semudah itu ? Buat kamu mungkin sesuatu yang biasa, sekedar hobi atau ritual aja, tapi buat orang lain itu sesuatu talenta khusus khas kamu.

Nggak perlu menempuh suatu pendidikan atau sertifikasi tertentu untuk talenta kamu itu bisa berguna untuk kamu. It just works on its own.

Dengan teknologi digital, anything is possible !

Dengan teknologi internet dan aplikasi digital sekarang semua memungkinkan. Pekerjaan saja sekarang sudah unik-unik perannya. Sekarang ada social media manager, bicara 10 tahun yang lalu, belum ada orang khusus yang memanage social media suatu usaha.

Lalu gimana caranya talenta kamu bisa menjadi menghasilkan?

  1. Tes “Sudah ada belum?”

Kamu melakukan penelitian baik di lingkungan sekitar atau internet, apa ada orang yang menyediakan jasa sesuai talenta kamu ? Jika ternyata dari hasil penelitian kamu ada banyak yang menyediakan jasa seperti kamu, berarti sudah pasti jasa kamu ini di butuhkan orang.

2. Tentukan “Rumah” untuk jasa kamu

Membuat “rumah” untuk menampilkan jasa kamu ini harus di sesuaikan dengan jenis jasa dan target pasar kamu. Apakah perlu menampilkan hasil jasa kamu berupa gambar atau video? Apakah perlu lokasi keberadaan jasa kamu ?

Sekarang “rumah” untuk usaha kamu itu bisa banyak sekali pilihannya, bisa berupa channel Youtube , bisa berupa portfolio online buat kamu yang perlu memamerkan design seperti Behance, atau social media page seperti Facebook. Dan masih banyak lagi “Rumah” untuk kamu menempatkan jasa kamu itu.

3. Jalanin aja

Dalam dunia usaha kadang ada yang tidak pasti, suatu ide atau jasa yang sepertinya mustahil tapi ternyata banyak peminatnya. Jadi kalau kamu punya talent biarpun ngga ada sertifikasinya, ngga ada salahnya di coba di pasarkan. Kamu ngga akan tahu kalau ngga di coba. Yuk di jalanin !



Leave a Reply

× Let's chat